ads

Brand media massa : Konvergensi dan paradigma new media

Meluasnya pemakaian teknologi digital sebagai pengantar informasi telah membuka jalan bagi Indonesia memasuki era New Media. Sejumlah group industri media besar nasional secara strategis telah menyiapkan langkah konvergensi isi melalui dunia digital. Internet menjadi teknologi konvergensi yang menyatukan berbagai platform media dalam satu bentuk baru media. Konvergensi media adalah penggabungan atau pengintegrasian media-media yang ada untuk digunakan dan diarahkan kedalam satu titik tujuan. Konvergensi media biasanya merujuk pada perkembangan teknologi komunikasi digital yang dimungkinkan dengan adanya konvergensi jaringan (Wikipedia Indonesia).

Media memiliki sejarah yang panjang sebagai pendukung kegiatan komunikasi. Menurut Straubhaar & La Rose dalam R. Ayuningtyas & M. G. Alif (2009) secara konteks ekonomi, media sangat erat kaitannya dengan bisnis dan industri. Media juga telah membaur dalam kehidupan bermasyarakat serta memiliki beragam fungsi yang mampu mempengaruhi aktifitas masyarakat secara menyeluruh. Perkembangan teknologilah yang menciptakan konvergensi media. Dalam konvergensi media terjadi perbauran antara media masa konvensional (majalah, buku, koran, radio, film, dan televisi) dengan media non konvensional (tv cable, satelit, komputer, tv interaktif, internet dan komunikasi digital) terutama tehnologi internet yang sekarang ini sudah cukup familier dengan masyarakat Indonesia.

Munculnya fenomena konvergensi media ini, memaksa media konvensional melebarkan sayap dan masuk kedalam jaringan internet untuk dapat mempertahankan atau memperluas bisnisnya. Jurnalisme konvergensi melibatkan kerjasama antara jurnalis media cetak, media siar, dan media Web (daring) untuk menghasilkan berita terbaik yang dimungkinkan, dengan menggunakan berbagai sistem penyampaian. Hal ini menyebabkan berkembangnya media konvensional menjadi digital model.

a. Portal media
Portal web atau sering disebut dengan portal atau portal internet (internet portal). Di dalam dunia internet istilah ini dimaksudkan untuk website yang menyediakan beraneka ragam informasi untuk para pengunjungnya. dimana di situs ini tersedia beraneka ragam informasi, seperti: belanja secara online (e-Commerce), online news, forum komunitas dan sebagainya.

b. Online News
Online news diartikan sebagai media yang berkapasitas menawarkan berita live, audio dan video. Online News berkaitan dengan jurnalisme online dan newspaper di internet. Online news merupakan tahap penting bagi konvergensi media yang mempunyai potensi untuk memanfaatkan berbagai fitur baru dari dunia percampuran komunikasi dari dunia digital. Kecepatan update berita ( continuous update) merupakan kelebihan dari media ini, selain itu mempunyai interaktivitas, hypertext dan multimedia.

Sumber : Pengaruh Anteseden Trust In Brand Terhadap Brand Loyalty (Joni Haryanto 2012)

SHARE THIS ARTICLE :

0 Response to "Brand media massa : Konvergensi dan paradigma new media"