ads

Perbedaan Bisnis Affiliate (Reseller) dengan MLM (Multi Level Marketing)

Kepada pembaca setia blog bisnis online, kali ini saya hanya ingin sedikit meluruskan arti dari istilah bisnis affiliate atau sering disebut reseller dengan MLM (Multi Level Marketing). Inspirasi dari menulis artikel bisnis online ini disebabkan karena banyaknya pemula bisnis terutama pe-bisnis online seperti saya yang sering men-salah artikan atau terjadi kesalahpahaman dan menganggap sama dari arti bisnis affiliate/ reseller dengan MLM. padalah dari kata-katanya saja sudah beda, betul gak sich?

Pada artikel bisnis online sebelumnya saya sudah pernah menjelaskan apa itu affiliate marketing dan juga Multi level marketing. Affiliate marketing adalah jenis bisnis yang apabila seseorang/ member (affiliate Marketer) menjual barang/ jasa dari merchant (pemilik produk/ jasa) maka member tersebut akan dibayar dan mendapatkan komisi, sedangkan MLM atau pemasaran berjenjang (bertingkat) merupakan system penjualan secara langsung (direct selling), biasanya perusahaan memanfaatkan konsumen/ membernya untuk menyalurkan produk mereka dan konsumen tersebut mendapatkan bonus.* (lebih jelasnya silakan kunjungi http://id.wikipedia.org/wiki/MLM)

Kemudian apa yang membedakan? Khan mereka sama-sama dibayar?

Berikut ini Perbedaan Bisnis affiliate (reseller) dengan MLM (Multi Level Marketing) :

1. Bisnis Affilite (Reseller)
Biasanya bisnis ini terputus, tidak ada system kaki/ bertingkat, jadi barang siapa yang menjual produk atau jasa maka dia hanya menikmatinya sendiri sedangkan orang yang merekrut sebelumnya tidak mendapatkan komisi jadi yang hanya dapat adalah pemilik produk dan sama penjual tadi.
Contoh : Misalkan si (A) menjual ke (B) kemudian menjual ke (C) maka si (A) tidak dapat apa-apa.
2. Multi Level Marketing (MLM)
Kalau bisnis ini kebalikan dari affiliate, pada MLM biasanya penjualan melalui jaringan baik secara langsung maupun tidak*, jadi apabila member tersebut menjual barang/ jasa ke konsumen lain maka member yang sebelumnya merekrut dia atau diatas member pada satu jaringan akan mendapatkan bayaran beserta bonusnya.
Contoh: Misalkan si (A) menjual ke (B) kemudian menjual lagi ke (C) maka si (A) mendapatkan komisi.

Mudah-mudahan dari artikel singkat diatas dapat menambah dan mempertajam pemikiran kita serta bisa membedakan terhadap kedua jenis bisnis ini dan tidak terjadi lagi kesalahpahaman mengenai bisnis online affiliate (reseller) dengan Multi Level Marketing (MLM) untuk masa akan datang.
SHARE THIS ARTICLE :

1 Response to "Perbedaan Bisnis Affiliate (Reseller) dengan MLM (Multi Level Marketing)"