ads

Apa itu Bounce Rate?

Sobat OB'....kali ini saya ingin ngobrol tentang istilah "bounce rate", istilah ini biasa muncul dalam analisa website atau blog.  Dalam bahasa indonesia atau melayu bounce rate disebut "angka pentalan".  Nah apasih sebenarnya penertian Bounce Rate itu? berikut ulasannya....
Bounce Rate adalah metrik yang penting dalam analisis sebuah situs/blog. Pada dasarnya, metrik ini memberitahukan tentang tingkat visitor yang ‘bouncing’ atau mental keluar tepat setelah mereka berkunjung. Analoginya adalah seperti pesawat yang langsung take off langsung setelah landing. Tidak transit  . Misalnya: seorang pengunjung datang dari search engine, kemudian langsung pergi tanpa mengunjungi halaman yang lain pada blog Anda. One visit one page. Bounce rate umumnya terjadi karena hal-hal berikut:
  • visitor menekan tombol ‘Back’ pada browser
  • visitor melakukan klik pada salah satu link eksternal di blog Anda
  • visitor melakukan klik pada salah satu iklan (yang mana hal tersebut pastinya bukan masalah bagi Anda 
  • visitor langsung menutup browsernya
  • visitor mengetikkan url baru pada address bar browsernya

Poin-poin tersebut di atas mengakibatkan visitor pergi dari situs Anda. Dan hal tersebut akan di kategorikan sebagai bounce jika mereka baru saja datang tanpa membuka halaman lain di blog Anda. Seperti saya katakan di atas, one visit one page.

Bounce rate dihitung dengan menggunakan rumus berikut:

Bounce rate = bounce (kunjungan satu halaman) / jumlah kunjungan (total visit). Kalikan 100 untuk mengetahui jumlah persen-nya.

Sebagai contoh, dalam sebulan blog Anda mendapatkan 25.000 pengunjung, di mana 15.000 di antaranya hanya mengunjungi satu page (bounce). Maka, bounce rate blog tersebut adalah 15.000 dibagi 25.000 dikalikan 100= 60%.

Tentunya semakin rendah tingkat bounce akan semakin baik, dan itu menandakan visitor tertarik pada tulisan ataupun keseluruhan blog Anda. Hal itu tergambar dari tingkah mereka yang tidak langsung ngacir, tapi membuka halaman kedua, ketiga, dan seterusnya pada blog Anda.

Bagaimana cara mengetahui tingkat bounce rate blog Anda? Program-program analitik web umumnya secara otomatis merekamkan metrik tersebut untuk Anda, sebut saja Google Analytics, HitStats, SiteMeter, dll.  
Layanan google analityk memberikan angka yang detail tentang seberapa besar tingkat bounce rate situs anda bahkan untuk pemerataan klik konten situs sekaran ini bisa dianalisis dan diketahui dari google analitik, jadi sobat semua bisa mengetahui penunjung masuk melalui kontent mana, berhenti dimana dan sejauh mana masuk didalam website kita.  Nah untuk pembahasan goole analitik ini akan saya obrolin dilain waktu. semoga bermanfaat.


SHARE THIS ARTICLE :

0 Response to "Apa itu Bounce Rate?"