ads

Cara Membuat Blog Dengan Blogspot

Haii...sobat OB,....

Mungkin sobat OB pernah mendengar istilah blog atau webblog kan? blog tidak jauh berbeda dengan website. yang membedakan jika website hanyalah situs yang menyediakan informasi satu arah bagi pengunjungnya, sedangkan blog atau webblog menyediakan informasi secara dua arah, jadi para pengunjung bisa memberikan komentar tentang artikel atau content yang disediakan oleh pengelola blog itu, atau istilah lain Admin. Oh ya istilah lain dari blog adalah CMS jika dipanjangkan jadi Content Management Sistem. sedangkan orang yang mempunyai blog istilah nya blogger.
Naah...bagi sobat OB yang masih awam dengan bagaimana cara membuat blog? ini maka dalam kesempatan ini OB ingin bagi-bagi ilmu tentang cara membuat blog dengan blogspot:

1. Yang harus kamu siapkan dan wajib sebelum membuat blog di blogspot (blogger) adalah memiliki email terlebih dahulu. email ini nantinya digunakan untuk mendaftar pertama kali, sobat OB bisa membuat email di google (gmail) maupun dengan email yang lain.

2. Jika sudah membuat email, bukalah alamat www.blogger.com, atau klik disini
    Atau akan tampil halaman seperti ini:
Klik tulisan : Get started/buat blog (dalam kotak orange)

3. Setelah itu akan muncul halaman seperti di bawah ini:
Klik tulisan new blog
4. Kemudian akan muncul halaman seperti ini:

Isilah Judul Blog sesuai dengan keinginannmu
isi juga alamat blog sesuai dengan keinginanmu juga, jika alamatmu menggunakan 2 kata atau lebih. pisahlah dengan tanda titik ( . ) atau tanda ( – ). karena tidak bisa menggunakan spasi.
terkadang alamat blog yang kita tulis sudah pakai oleh orang lain, jika sudah dipakai orang lain berati tidak bisa digunakan. Untuk mengetahui sudah dipakai orang lain atau belum Klik saja link “cek ketersediaan” jika belum dipakai orang lain, maka di bawahnya akan muncul tulisan warna hijau yang bertuliskan Alamat blog ini tersedia
Terakhir Klik create blog/buat blog yang ada di pojok kiri bawah.

5. Setelah kamu klik menu lanjutkan.. akan muncul halaman seperti ini
 
dengan begitu kamu telah selesai membuat suatu blog, sebagai contoh gambar diatas, nama blog telah ada dalam daftar blog. sekarang tinggal mengatur dan mengisi dengan artikel sobat. 

 Gambar diatas adalah tampilan ketika sobat semua melakukan klik pada pilihan menu nama blog sobat. Didalam menu tersebut sobat semua bisa melakukan posting artikel,mengatur template, dan lain-lain.

6. Langkah selanjudnya sebaiknya sobat klik pada menu setting pertama, yang akan muncul halaman sebagai berikut:

Disini sobat OB bisa memilih tema yang sesuai dengan yang sobat sukai, kemudian mengatur tema tampilan mobile.  Menu setting yang muncul adalah seperti gambar dibawah ini:
Silahkan sobat edit hal yang perlu sobat edit pada tulisan edit (dilingkar merah)

7. okelah langsung saja kita belajar mengisi artikel… Kliklah pada menu POST
maka akan muncul gambar seperti di bawah ini:

 Isilah post title dengan judul artikel anda, kemudian isi artkel silahkan sobat semua ketik dikotak besar dan silahkan edit dengan menu yang berada diatasnya. Jika dirasa cukup dalam menulis artikel silahkan klik tulisan publish.

Demikianlah langkah-langkah membuat blog di blogger atau blogspot, dikemudian hari seiring dengan pengetahuan anda tentang blog maka sobat semua bisa mengatur atur ataupun membuat blog sobat secantik mungkin, baik dari tampilan (template) maupun tampilan yang lain.
Semoga bermanfaat.








SHARE THIS ARTICLE :

2 Responses to "Cara Membuat Blog Dengan Blogspot"

  1. Selamat pagi, maaf bolehkan saya bertanya... saya mempunyai dua blog nah di blog satu di dashboard ada tombol monetise nya, terus di blog yang satunya tida ada, nah yg mau saya tanyakan bagaimana memunculkan tombol monetise tersebut ?

    Terimakasih ^^

    BalasHapus
  2. Kefkin, Thanks kunjunganya....
    Saya masih kurang jelas pertanyaan anda, blog platform blogger atau yg lain? terus didalam satu akun atau beda akun. Jika anda memakai blog dengan platform blogger,pada dasbord ditiap2 judul blog anda pasti sudah lengkap menu settingnya.

    BalasHapus