ads

Tampilan Baru Dashboard Blogger, Fitur-Fitur dan Cara Menggunakannya

Blogger sudah mulai meng-ujicoba-kan tampilan dashboard yang baru. Tampilan Blogger Dashboard baru ini bisa diakses melalui Blogger in Draft. Seperti informasi yang telah saya sampaikan di Fitur-Fitur Terbaru Blogger/Blogspot 2011, tampilan ini terlihat lebih elegan, powerful, handy, dan lengkap.

Untuk menggunakan dan mengakses tampilan baru ini, user harus masuk ke draft.blogger.com. Kemudian, user akan disambut dengan tampilan dashboard Blogger baru seperti ini :


Akses ke semua fitur/halaman di dalam control panel/dashboard blogger dengan meng-klik option di sebelah kanan gambar "home". Akan muncul pilihan-pilihan seperti posts, comments, stats dll. Untuk langsung masuk ke bagian design template/page elements, klik "Layout" (dulunya design).




Di halaman Layout, user bisa menambah atau mengedit gadget seperti biasanya. Salah satu fitur baru di halaman tersebut adalah Blogger Custom Favicon dimana user dapat dengan mudah mengganti favicon (icon) blog. Tidak seperti dulu, dimana kita harus mengupload file .ico di hosting lain dan memasang script favicon melalui "Edit HTML".

Salah satu halaman tampilan yang baru adalah overview, dimana kita dapat melihat summary dari statistik blog secara lengkap dalam satu halaman, misalnya : jumlah pageview, jumlah posting, jumlah comment, reffering site terbanyak, blogger news, dan masih banyak lagi. Klik panel "Overview" di sebelah kiri atas untuk mengaksesnya. Tampilan ini mengingatkan saya akan control panel/dashboard admin WordPress, tentu saja tidak sama persis.






Fitur penting lain yang telah ada sebelumnya namun sempat membuat bingung user ketika mencarinya adalah "Edit HTML". Dalam tampilan lama Blogger, Edit HTML diakses setelah masuk ke design/rancangan dan klik Edit HTML. Kini fitur ini diakses dan terintegrasi dalam menu/opsi "Template" dengan nama "Edit Template".


Di dalam menu itu, user dapat melihat tampilan live template yang digunakan oleh blog, melakukan kostumisasi template, serta memilih dan mengganti template. Tentu saja ini untuk template blogger yang official/bawaan Blogger. Untuk melakukan editing HTML secara manual, scroll mouse hingga bagian terbawah halaman. Terdapat tiga sub menu, pilih/klik "Edit Template" dan tampilan HTML editor akan langsung muncul. Backup dan restore file XML template dapat dengan mudah dilakukan di dalam halaman itu pula.



Salah satu fitur lama yang terpenting adalah "Post Editor". Dalam tampilan Blogger baru ini, layout Post Editor tampak lebih elegan dan mantap. Namun, tidak ada perubahan berarti pada fitur-fitur editing-nya.


 Pastinya, butuh waktu yang cukup bagi pengguna Dashboard blogger lama untuk beradaptasi dengan tampilan dan fitur dashboard Blogger baru.

Source: Blogger.com




SHARE THIS ARTICLE :

1 Response to "Tampilan Baru Dashboard Blogger, Fitur-Fitur dan Cara Menggunakannya"