ads

Blogger’s Guide to SEO Petunjuk Search Engine Optimization Untuk Blog – oleh Aaron dan Giovanna Wall

OBer...mania...kali ini kita akan berbicang soal TIPS SEO, cuma terus terang saja OBer mania, artikel ini saya copas dari sini  ketika OB sedang memperdalam ilmu kebatinan SEO he..he...dengan tujuan bagi OBer mania yang belum baca tulisan ini bisa membacanya, ok kita mulai saja....

 Daftar Isi

- Latar Belakang
- Apa yang Google Ketahui tentang Blog anda
- Mengapa SEO untuk Blog berbeda dengan SEO untuk format website lainnya
- Pendaftaran Domain dan Hosting
- Pencarian Kata Kunci
- Menyesuaikan diri dengan Website Yang Sedang Tren
- Menulis Judul yang Jelas dan Kuat
- Optimisasi Struktur Website
- Analisis Website
- Kontroversi
- Menggunakan Push Marketing setelah Mempublikasikan Website Anda
- Memahami Efek Network
- Mempelajari Search Engine Optimization Lebih Lanjut

Latar Belakang

Kami telah menulis dan menerbitkan buku setebal ±300 halaman tentang SEO (Optimasi Mesin Pencari), tetapi hanya sedikit sekali informasi bagaimana mengoptimisasi Mesin Pencari untuk sebuah Blog. Mengapa? Sejalan dengan berkembangnya Mesin Pencari, Google dan mesin pencari lainnya mengumpulkan data lebih banyak, yang memungkinkan mereka untuk merekomendasikan dan menetapkan ranking blog berdasarkan sebaik mana orang-orang mempercayai blog-blog tersebut.

Apa Yang Google Ketahui Tentang Blog Anda

Apa Yang Google Miliki

Mesin pencari memiliki berbagai ukuran ‘trust’ (tingkat kepercayaan) untuk Blog. Google tahu lebih banyak tentang blog anda, lebih banyak dari yang anda ketahui. Bayangkan bahwa Google memiliki:
- Google mengumpulkan data dari jutaan pengguna jasa Google setiap hari.

Mengumpulkan Kepercayaan dari Data User

Jika seorang pengguna jasa Google berlangganan blog anda sebesar apakan Google akan mempercayai perhatian orang tersebut sebagai tanda dari kepercayaan (trust)? Sudah berapa lama mereka berlangganan? Sesering apa pengguna berinteraksi dengan website anda? Pada website mana lagi mereka berlangganan? Website seperti apa saja biasanya mereka berinteraksi? Bagaimana kebiasaan mereka menggunakan mesin pencari dan email? Jika blog lain memiliki link kepada blog anda, sebesar apa Google harus percaya link tersebut sebagai tanda kepercayaan mereka untuk membantu website anda mendapat peringkat lebih baik? Apakah ada blog yang populer dan terpercaya memiliki link kepada website anda? Berapa banyak orang yang berlangganan RSS feed blog-blog tersebut?
Perusahaan seperti Bloglines atau MyBlogLog mampu menjawab beberapa pertanyaan diatas, tetapi Google dapat menjawabnya lebih akurat daripada perusahaan manapun di dunia.
Selain data-data tersebut, Google mengetahui berapa umur website anda, seberapa sering anda mengupdate nya, dan seberapa baik pertumbuhan link kepada website anda.

Mengapa Blog Berbeda dengan Website Statis

SEO untuk blog berbeda dengan SEO untuk format website lainnya. Yang paling signifikan adalah elemen sosial internet terintegrasi dengan teknologi blog. SEO untuk blog tidak terlalu banyak berhubungan dengan membeli link atau melakukan trik untuk mengelabui teknologi mesin pencari. SEO untuk blog lebih fokus pada menciptakan buzz atau pembicaraan di kalangan blogger.

Hubungan Sosial alami yang terkandung dalam Blog

1. RSS dan Feed Reader memudahkan pembaca untuk berlangganan dan mendapatkan update setiap kali anda menerbitkannya ke blog anda.
2. Kebanyakan orang yang membaca blog juga menulis blog, dan banyak dari mereka memiliki ribuan pelanggan. Jika sedikit saja blogger yang bereputasi membahas artikel (biasa disebut posting-an) dari blog anda, maka akan menciptakan efek riak yang cukup besar dimana banyak dari pembaca blogger tersebut akan berbagi posting-an anda.
3. Blog yang populer, yang secara natural memiliki forum komentar untuk pembaca, mampu mengumpulkan hingga ratusan komentar tiap posting-an, yang akan memberi kandungan untuk membantu ranking, misalnya backlink.
4. Mengoptimisasi blog adalah lebih menitik beratkan pada mendapatkan perhatian dan penghargaan untuk menyebarkan ide, daripada mengoptimisasi salinan halaman web agar cocok dengan algoritma mesin pencari.

Nama Domain dan Hosting untuk Blog

Anda bisa mendapatkan hosting gratis sebagai sub-domain dari website seperti Typepad, Blogger dan WordPress.com. JANGAN lakukan itu! Website-website tersebut menawarkan fitur yang terbatas dan melarang anda untuk menempatkan iklan di website anda. Akan memakan waktu yang lama untuk membangun basis pelanggan dan ketika anda memutuskan untuk akhirnya pindah menggunakan domain sendiri, maka anda akan kehilangan semua backlink dari website gratisan tersebut. Maka dari itu, mulailah dengan domain sendiri. Banyak sekali domain registrar yang menjual domain dengan harga dibawah Rp 100.000,- dan perusahaan hosting yang menawarkan One Click Install.

Pencarian Kata Kunci

Peralatan Kata Kunci Tradisional
Ada banyak peralatan pencarian kata kunci yang gratis dan tidak. Banyak dari mereka, seperti misalnya Wordtracker, akan memberikan informasi kata kunci yang digunakan orang untuk mencari informasi di mesin pencari.
Contohnya seperti dibawah ini:
wordtracker chocolate Bloggers Guide to SEO

Pencarian Keyword Berdasarkan Tren

Sebagai blogger, anda tidak hanya mencari kata kunci yang secara historis populer, tetapi juga apa yang masih baru. Anda dapat menemukan apa yang sedang tren sekarang ini dengan menggunakan mesin pencari Technorati, Google Blog Search, dan Google News. Layanan seperti Google Trends dan Yahoo! Buzz Index akan memberikan anda informasi, apa saja pencarian populer sehari terakhir.

Dimana Menyimpan Kata Kunci pada Halaman Anda

Sangat krusial untuk menggunakan kata kunci pada judul halaman anda, lebih baik jika berada di awal judul halaman anda. Anda dapat menggunakan kata kunci, frasa yang berkaitan, dan modifikasi kata kunci pada isi halaman anda beberapa kali, tetapi dengan pendekatan penulisan yang natural. Pastikan bahwa isi website anda dapat dibaca dengan baik oleh manusia, karena hal tersebut akan lebih berguna daripada apa yang robot pikirkan tentang isi website anda. Jika orang menyukai isi website anda dan memberikan link, maka hal tersebut akan lebih bernilai daripada mengoptimisasi halaman dengan sempurna tetapi terlihat kaku (robotic) pada prosesnya.
Peralatan pencarian kata kunci menunjukkan anda kata kunci yang populer, dan beberapa peralatan lainnya memberikan visualisasi yang memudahkan mencari kata kunci yang populer, seperti Quintura.
quintura Bloggers Guide to SEO

Menyesuaikan Diri dengan Website-website Populer

Meme Tracker
Ide-ide apa saja yang menyebar di internet hari ini? Siapa yang paling terkenal hari ini di dunia blog? Techmeme dan Tailrank mengumpulkan artikel blog yang populer hari itu. The World Bank bahkan membangun BuzzMonitor sebagai piranti lunak open source yang agar semua orang bisa menciptakan meme tracker.
YouTube
Di halaman depan YouTube ada kategori yang terpopuler hari ini, yang paling banyak dibicarakan hari ini, dan video favorit hari ini. Kebanyakan dari daftar tersebut tidak relevan dengan website anda, tetapi dapat membantu anda menemukan ide yang telah terbukti sukses secara sosial.
Website Berita Sosial
Digg Homepage, Del.icio.us Popular List, dan Stumble Upon Buzz menunjukkan ide-ide yang sedang populer diantara para penanda alamat website (bookmarker). Pligg memudahkan anda membuat website berita sosial untuk ceruk pasar anda.
Fokus Pada Kompetitor
Anda tidak perlu mengetahui semua yang terjadi untuk sukses. Anda hanya perlu berkompetisi di ceruk pasar anda. Jika anda membaca cukup banyak blog yang membidik pasar yang sama, cari tahu siapa yang mendapatkan link, dan mengapa orang membicarakan mereka. Hal tersebut memudahkan anda untuk mengidentifikasi dan menciptakan ide dan isi yang layak untuk dibicarakan.
Sangat mudah untuk berlangganan pada pesaing anda dengan menggunakan feed reader seperti iGoogle, Google Reader atau Bloglines. Anda dapat mengetahui link menuju kompetitor dengan menggunakan Technorati atau Google Blogsearch.
google blog search links Bloggers Guide to SEO

Menemukan Ide Konten Baru

Gunakan website-website populer tadi untuk mengetahui mengapa ide-ide menyebar di pasar yang relevan dan ide-ide lalu yang berhasil. Dengan melakukan penelitian tersebut, akan lebih mudah untuk menggabungkan ide-ide tersebut dan menemukan ide yang hebat dan mengimplementasikannya kepada pasar yang anda tuju. Setiap konten yang anda lihat (online, buku, gambar, majalah, konferensi, pengalaman pribadi dan lain sebagainya) adalah sumber inspirasi anda. Jangan lupa membawa kamera dan catatan kecil kemanapun anda pergi.
Anda bisa mengikuti perkembangan dan tren di dunia blog dengan membaca Darren Rowse’s Problogger dan Performancing.

Menulis Judul yang Jelas dan Kuat

Cory Doctorow, seorang penulis fiksi ilmiah dan blogger di Boing Boing, mengatakan tentang perkara menulis judul sebagai berikut:
Tulis judul seperti anda adalah jurnalis.
[youtube]http://www.youtube.com/watch?v=w4S9wjuJPk8[/youtube]
Judul deskriptif akan menolong anda menulis dalam konteks yang jelas, dan akan menarik perhatian orang untuk mengklik link ke website anda di hasil mesin pencari.
Anda juga bisa bermaksud untuk menarik emosi di judul konten anda dengan menggunakan judul yang bersifat bertanya atau pemecahan masalah. Brian Clark dari Copyblogger menawarkan banyak cara untuk menulis judul yang populer dan sukses di artikel Magnetic Headlines Series.

Optimisasi Struktur Website
Tampilkan Konten Terbaik Anda

Hingga September 2007, halaman depan Seo Book adalah artikel-artikel terakhir yang saya tulis. Meski hal tersebut dapat mempromosikan posting-an terakhir, tetapi kesan pertama yang didapat oleh orang yang diluar dunia SEO akan tidak tertarik. Jika anda ingin membuat blog yang populer, pastikan bahwa halaman depan anda menarik bagi siapa saja, tidak hanya orang-orang yang sudah mengerti. Pandu mereka untuk memahami proses, tunjukkan dari mana mereka harus mulai, dan garis bawahi (highlight) konten terbaik anda. Jika website anda tumbuh menjadi sebuah bisnis, tambahkan investasi untuk membuat Tool yang berguna, Forum dan fitur-fitur interaktif lainnya yang membuat orang kembali dan kembali lagi ke website anda.
Kebanyakan software blog memiliki fitur untuk menampilkan konten terbaik anda. Menampilkan Greatest Hits di blog anda akan membuat pengunjung dekat pada konten terbaik anda, dan dengan mengarahkan pengunjung dengan menempatkan link-link yang bernilai, akan membuat orang lebih mudah menemukan website anda dengan membaca salah satu saja dari konten terbaik anda.
Kebanyakan dari pengunjung adalah pengunjung baru. Me-referensikan artikel lama akan membuat mereka lebih mudah mengerti konten website anda, tanpa perlu menulis hal yang sama berulang kali. Jika anda men-sindikasi atau ada website spam yang mencuri konten anda, mereferensikan artikel lama akan menaikkan kemungkinan anda mendapatkan link gratis, yang akan menolong website anda mendapat ranking lebih baik.

Hindari Duplikasi Konten

Michael Gray menawarkan tips optimisasi WordPress di video dibawah ini:
- Tempatkan semua konten di 1 kategori.
- Gunakan fitur ‘more’ untuk hanya menunjukan porsi kecil dari posting-an anda di halaman kategori.
- Gunakan file robots.txt untuk mem-block artikel lalu yang berdasarkan tanggal atau bagian-bagian lain pada website anda.
[youtube]http://www.youtube.com/watch?v=BiCn6y6JU8o[/youtube]
Joost de Valk menawarkan juga optimisasi WordPress di WordPress SEO guide.
Peringatan: Jika anda masih belum paham benar menggunakan robots.txt, pastikan anda tidak disallow semua artikel berdasarkan tanggal jika halaman postingan anda menggunakan URL tanggal dan bulan. Misalnya anda menggunakan URL post slug dan anda menggunakan kategori, file robots.txt untuk blog WordPress akan terlihat seperti dibawah ini:
User-agent: * Disallow: /*p= Disallow: /*q= Disallow: /*trackback Disallow: /*feed Disallow: /*wp-login

Kategori dan Tag

Gunakan kategori yang berhubungan dengan kata kunci di industri anda. Dengan melakukan hal ini, anda akan menciptakan struktur website yang akan membuat halaman kategori memiliki peringkat yang baik dengan kata kunci – kata kunci tersebut. Jika website anda fokus pada penurunan berat badan, maka membuat kategori tentang olahraga, program diet, obat diet dan suplemen penurunan berat badan akan masuk akal.
Jika anda menggunakan kategori dan tag, hindari overlap. Misalnya, anda tidak ingin membuat halaman kategori Link tetapi kemudian anda membuat tag Link. Hal tersebut juga membantu anda untuk membatasi penggunaan kategori dari selusin hanya menjadi dua lusin, dan tidak memiliki misalnya ratusan kategori dan masing-masing hanya memiliki sedikit artikel.

Halaman dan Artikel yang Relevan

Banyak blog yang memiliki link pada halaman artikel sebelum dan sesudahnya. Link-link ini sangat nyaman jika dilihat dari sisi penggunaan, dan juga akan membantu mesin pencari menelaah website anda lebih dalam. Beberapa plugin untuk WordPress mampu membuat daftar dibawah artikel terakhir, yang dapat membantu pembaca menemukan materi lainnya yang berhubungan, jika pengunjung tersebut mendarat di halaman yang salah.

Judul Halaman yang Tetap

Kebanyakan sistem software blog menempatkan judul blog di depan judul halaman. Lebih baik jika halaman blog anda dimulai dengan informasi yang relevan lebih dahulu. Ada banyak plugin WordPress yang dapat membantu anda untuk mengganti struktur judul halaman. Dua yang sangat popular adalah All in One SEO Pack dan SEO Title Tag.

Website Analisis: Ulangi Kesuksesan

Program analisis website dapat menunjukkan anda:
- Siapa yang me-link website anda.
- Halaman mana yang mereka link.
- Apa yang orang cari untuk menemukan website anda.
Jika anda tahu tipe orang yang mereferensikan anda DAN mengapa, anda akan lebih mudah membuat konten baru yang relevan yang cenderung mereka sukai. Lebih jauh, jika anda tahu bagian mana website anda mendapatkan peringkat tinggi, maka anda akan mengetahui pada topik apa website anda dipercaya mesin pencari. Blogger kadang-kadang menambhakan halaman yang memiliki tingkat kunjungan tinggi untuk memodifikasi kata kunci, yang akan membantu mereka mendapatkan kunjungan lebih banyak lagi dengan meningkatnya peringkat melalui kata-kata kunci tambahan.
Google Analytics bisa didapat gratis. Aaron Wall juga menyukai Mint, dengan harga $30 setiap mendaftarkan 1 website. Performancing dan MyBlogLog juga menawarkan program analisis khusus untuk blog.

Kontroversi

Banyak orang takut bertindak, tetapi kebanyakan orang sukses lebih banyak menggunakan intuisi dan insting daripada rasa takut.
- Tidak ada yang suka menjadi penjahat.
Banyak blogger yang takut dituntut secara hukum atau menghina orang lain. Jika saya dituntut, maka publikasi dan profit akan tumbuh dalam semalam. Saya tidak mengatakan bahwa anda harus bertindak buruk, tetapi tuntutan hukum yang gagal akan memberikan publikasi.
- Penghancuran Kreatifitas adalah Bagian dari Bisnis
Dalam beberapa tahun ke depan, orang akan memberikan informasi yang saya jual hari ini secara gratis. Pelaku bisnis sangat khawatir dan berusaha sekuat tenaga untuk melindungi hak ciptanya, tetapi karena internet semakin kompetitif, kita bahkan cukup beruntung jika ada orang yang mencuri karya kita.
Beberapa yang menyebut diri Blogger yang Etis bermain polisi baik dan polisi jahat. Di artikel video viral ini, Michael Arrington berkomentar bahwa ia tidak menyukainya. Tetapi dia tidak bisa tidak menyukainya. Orang banyak yang datang ke websitenya karena artikel itu, dan MA mendapat uang yang banyak karenanya.

Gunakan Push Marketing Setelah Me-Launching Website Anda

Menjadi Hebat
Jika anda baru di pemasaran internet, coba baca dulu Purple Cow dari Seth Godin untuk mengerti bagaimana menciptakan ide hebat. Link hanyalah referensi. Jika anda hebat, link akan datang sendiri, tetapi tidak akan datang tanpa anda mulai dengan Push Marketing.
Bisa Dipercaya
Kebanyakan informasi baru hanyalah spam. Semakin banyak spam yang diproduksi menggunakan peralatan seadanya, pembaca akan lebih pandai menyeleksi kualitas informasi dalam waktu yang lebih singkat.
Menggunakan template WordPress yang standar akan membuat pembaca anda menjauh. Jika anda menggunakan template yang bagus dan enak dipandang atau membeli disain khusus dari profesional, maka anda menunjukkan niat anda untuk berinvestasi untuk membangun website anda. Format dan disain meningkatkan kredibilitas.
Mudah dihubungi, memberikan alamat bisnis anda dan membuat About Page yang konseptual akan membuat orang lebih mudah untuk mempercayai website anda.

Memberikan Link Keluar untuk Blog Lain

Kita lebih menerima pesan-pesan yang berhubungan dengan hal yang kita sukai. Yang paling relevan adalah membicarakan secara spesifik hingga level individu. Kebanyakan blogger mencari siapa yang me-link kepada artikel di blog mereka dan membaca posting-an tersebut.
Memberikan link menuju ke website berguna yang relevan adalah salah satu format pemasaran yang termurah. Jangan hanya memberikan link ke blog lain atau membuat blockquote, tetapi pastikan anda memberikan nilai tambah dengan menjelaskan mengapa anda pikir mereka salah ataupun benar. Mungkin juga bisa meminta komentar atau respon dari orang yang anda hormati atau ajukan wawancara.

Membangun Link

Mesin pencari memandang link sebagai tanda kepercayaan. Jika anda mampu, saya merekomendasikan untuk mendaftarkan blog anda di direktori Website Umum, Direktori Spesifik dan Direktori Blog. Disini adalah latar belakang informasi mengapa mendaftar ke Direktori Website Umum, Loren Baker baru-baru ini membuat artikel tentang Direktori Blog Terbaik.

Iklankan Website Anda

Publikasi akan membawa website anda ke pubikasi berikutnya. Mengeluarkan uang beberapa dollar hari ini untuk advertising dapat berarti blog anda lebih populer daripada sebelumnya.
- Iklan Pay Per Click akan dapat membawa kunjungan yang relevan dari mesin pencari.
- AdWords memiliki rekan penerbit iklan yang disebut AdSense. Membeli iklan Adsense dan Blog Ads akan bisa menempatkan iklan anda di konten website yang spesifik.
- Anda bisa membeli review lewat network seperti ReviewMe.
- StumbleUpon ads juga bisa anda gunakan.

Memahami Pengaruh Network

Keuntungan Kumulatif
Pada 15 April 2007, seorang ilmuwan sosial Duncan J. Watts mempublikasikan artikel di New York Times yang berjudul Is Justin Timberlake a Product of Cumulative Advantage? Pada artikel ini, Duncan menggaris bawahi dasar-dasar kita mengambil keputusan secara natural:
Orang tidak pernah mengambil keputusan sendiri – karena, dunia dipenuhi dengan begitu banyak pilihan, yang membuat kita memiliki sedikit kemungkinan untuk menemukan apa yang kita mau tanpa bantuan siapapun; dan juga karena seringkali apa yang kita mau bukanlah mendapat yang terbaik tetapi untuk mengalami dan merasakan hal yang sama dengan orang lain dan menikmati keuntungan dari berbagi.
Mengacu pada pakem ini, kebanyakan hal yang populer, tetap menjadi populer karena mereka sudah pernah populer.
Berbagi Hubungan Sosial
1. Komentar: Jika website anda mendapat banyak komentar, maka orang akan cenderung lebih untuk berpartisipasi dan berdiskusi. Anda dapat menggaris bawahi ‘Tinggalkan Komentar’ atau memamerkan ‘Komentar Terakhir’ di sidebar blog anda untuk memacu komentar-komentar lainnya. Membalas komentar membuat orang lebih ingin untuk meninggalkan komentar lagi. Beberapa blogger bahkan bekerjasama, berkomentar atas artikel satu dan lainnya untuk membuat blog mereka tampak aktif.
2. Pelanggan: Jika anda memiliki ratusan atau ribuan pelanggan, anda mungkin ingin untuk mempublikasikan statistiknya.
3. Meminjam Otoritas: Mintalah orang yang terkenal dan terpercaya di industri anda untuk memberikan masukan sebelum me-launching sebuah projek. Jika mereka suka, mereka bahkan bisa membantu mempublikasikannya secara gratis.
4. Mempublikasikan Publisitas: Jika anda atau blog anda dipublikasikan di media besar, maka memamerkannya dengan menampilkan tambahan seperti ‘Dibahas di…’ akan membuat website anda lebih terpercaya.

Tambahkan Fitur Interaktif

Orang membaca blog karena lebih mudah membacanya daripada membaca sebuah buku. Menambahkan gambar dan video di posting-an, menggunakan list membuat konten lebih mudah di konsumsi didistribusikan di website anda.
Membuat kuis interaktif dan membagikan hadian adalah salah satu cara termudah untuk membuat orang membicarakan website anda, dan komunikasi adalah kunci untuk laba di masa datang.
Menurut Cory Doctorow:
Saat ini, ada gejala sosial yang eksplosif uang disebarkan oleh internet. Semua format entertainment dapat dijamah melalui beberapa kali klik. Biaya untuk mencari seniman yang musik atau buku atau film nya semenarik yang anda miliki sudah sangat murah. Terimakasih kepada sistem rekomendasi, mesin pencari, dan website rekomendasi. Kepintaran anda dapat ditandingi oleh seseorang, di suatu tempat, dan jika anda ingin sukses berkompetisi, anda membutuhkan lebih dari sekedar karisma dan kepintaran. Anda butuh komunikasi. Secara praktis, seluruh bidang seni, kita bisa melihat kesuksesan seorang seniman yang berhasil berkomunikasi dengan penggemarnya. JMS dapat membuat Babylon 5 sukses dengan cara berkomunikasi dengan grup penggemar. Blog Neil Gaiman dibangun seluruhnya lewat komunikasi dengan ribuan pembacanya. Semua band indipenden yang sukses di internet lewat forum dan mailing list, begitu pula dengan pedokumentasi Jason Scott, pencipta komik Warren Ellis lewat LiveJournal, blog, mailing list dan lain sebagainya.
Berpartisipasi di Wilayah Populer untuk Membangun Kepercayaan dan Publikasi
• Forum-forum komunitas seringkali memiliki pengunjung yang banyak. Berpartisipasi di forum dapat menyebarkan nama baik anda. Forum-forum ini adalah tempat yang sangat baik untuk mencari ide. Orang seringkali bertanya di forum daripada mencarinya.
• Menjadi penulis tamu di website populer membuat anda bisa menumpangi ekuitas merk mereka dan kunjungan orang ke website anda tanpa harus mengeluarkan uang.
• Beberapa blogger membuat karnaval blog untuk membangun eksposure dan ekuitas link.
• Memberi komentar yang berguna pada blog yang relevan akan membuat blogger tersebut berlangganan blog anda, dan orang akan cenderung ingin mendatangi website anda lewat link yang anda tinggalkan di komentar anda.

Tunjukkan Kesukaan Anda

Memiliki kesukaan yang konsisten dan orisinil membuat orang lebih mudah untuk mempercayai anda dan menyebarkan pesan anda. Kebanyakan (mungkin semua orang) blog politik yang populer sangat bias.

Menunggu Profit Datang

Jika anda menyimpan iklan AdSense diatas konten, maka akan sulit bagi anda untuk membangun momentum dan mengambil pangsa pasar dari pemimpin terpercaya di pasar.

Menyiapkan Website yang Aman

Jika banyak orang yang membaca dan percaya, maka Google akan lebih percaya kepada website anda, dan akan membuat Google lebih sulit untuk menghukum website anda karena takut mendapat publisitas yang negatif.
Presentasi Aaron Wall di Blogworld tentang SEO
Presentasi ini menggarisbawahi mengapa mendapat perhatian sangat penting untuk pertumbuhan blog anda di pasar yang kompetitif.
Ingin belajar lebih jauh tentang Optimisasi Mesin Pencari (SEO)?
Dasar-dasar optimisasi mesin pencari telah seringkali dipublikasikan dibanyak website. 4 tempat gratis untuk belajar SEO adalah:
Jika anda memiliki dana untuk online training, SEO Book telah menyiapkan SEO Training Program yang akan membantu anda untuk belajar di lingkungan yang interaktif, dimana anda bisa bertanya secara langsung.
Anda juga bisa membaca blog tentang SEO dan internet marketing, dan Lee Odden memiliki daftar panjang (lebih dari 400) website tentang SEO. Terakhir, langganan RSS kami untuk mendapatkan berita terakhir dari industri mesin pencari.

SHARE THIS ARTICLE :

1 Response to "Blogger’s Guide to SEO Petunjuk Search Engine Optimization Untuk Blog – oleh Aaron dan Giovanna Wall"

  1. I am a regular reader of your blog. This post is really nice. keep up the good stuff like this. Wordpress SEO Guide.

    BalasHapus